Usulan
Komponen Rancangan Alternatif – 1
|
Masukan
Atas Komponen Rancangan Alternatif -1
|
Berbasis
tematik-integratif sampai kelas VI
|
Berbasis tematik integratif untuk tahun ajaran 2013/2014 sebaiknya
hanya sampai kelas III dengan pertimbangan :
v
Jika tematik integratif diterapkan juga pada
kelas IV sampai kelas VI maka akan timbul masalah pada fokus
pembelajaran: ada istilah-istilah IPA yang memiliki arti berbeda dengan
istilah-istilah umum pada matapelajaran Bahasa Indonesia, misalnya: “gaya”,
“usaha”, “daya”, dll.
v
Jika
materi IPA kelas IV sampai kelas VI dipaksakan bergabung dengan Bahasa Indonesia, akan terjadi pendangkalan
materi IPA (terhapusnya beberapa bagian materi IPA), dampak negatifnya:
- Prestasi kita di TIMSS dan PISA akan
menurun
- Anak tidak banyak mengerti
istilah-istilah IPA, sehingga tidak suka membaca surat kabar/majalah yang
mempunyai kolom sains.
v
Penerapan tematik integratif sampai kelas VI
dimungkinkan pada tahun 2014/2015 setelah melalui sosialisasi, dan pelatihan
yang matang.
|
Menggunakan kompetensi
lulusan untuk merumuskan kompetensi inti pada tiap kelas
|
Sangat baik penggunaan kompetensi lulusan untuk merumuskan kompetensi
inti di kelas dan dalam rangka pencapaian kompetensi inti di kelas maka
penekanan keterlibatan guru kelas dan guru bidang study sangat penting.
|
Menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran
[mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, mencipta]
semua mata pelajaran
|
Pada prinsipnya dalam semua proses pembelajaran harus mengandung
kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan
mencipta namun redaksi kalimat ‘’menggunakan
pendekatan sains dalam proses pembelajaran’’ kurang tepat, karena mengesankan hanya pada pembelajaran
sains yang mengandung semua unsur kompetensi tersebut dalam tataran praktis
semua mata pelajaran harus memasukkan unsur taksonomi bloom tingkatan
ketercapaian kompetensi dari C1 sampai C6 termasuk aspek penilaian yang harus
memperhatikan unsur kognitif, afektif dan psikomotor.
|
Meminimumkan jumlah mata
pelajaran dengan hasil dari 10 dapat
dikurangi menjadi 6 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:
-
IPA
menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia , Matematika, dll
-
IPS
menjadi materi pembahasan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dll
-
Muatan
lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
-
Mata
pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran
|
Setelah memetakan SK, KD, Indikator, Menyusun tema dan jaringan tema,
menyusun silabus, RPP, program semester serta program tahunan maka
penyesuaian jumlah mata pelajaran dan pengintegrasian IPA dan IPS ke dalam
mata pelajaran yang lain relevan untuk dilaksanakan terutama untuk kelas I
sampai III SD.
|
Perbedaan antara IPA/IPS
dipisah atau diintegrasikan hanyalah pada apakah buku teksnya terpisah atau
jadi satu. Tetapi bila dipisah dapat berakibat beratnya beban guru, kesulitan
bagi bahasa Indonesia untuk mencari materi pembahasan yang kontekstual,
berjalan sendiri melampaui kemampuan berbahasa peserta didiknya seperti yang
terjadi saat ini, dll
|
Buku teks yang digunakan jika menggunakan tematik disusun berdasarkan
tema artinya dalam satu semester hanya 4 sampai 6 buku tergantung dari jumlah
tema yang ditentukan. Hal ini akan meringankan siswa dalam membawa buku
|
Menambah 4 jam pelajaran
per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian
|
Penambahan jam sebaiknya tidak perlu sampai 4 jam cukup 2 jam, kelebihan waktu 2 jam
akibat adanya penyesuaian mata pelajaran dapat mempertimbangkan masuknya
kurikulum unggulan sekolah semisal Qur’an Center, Technologi For Kids
|
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, nasionalis, adil dan beradab, modern, mementingkan persatuan dan kesatuan, mengedepankan musyawarah dan mufakat, berorientasi kesinambungan pembangunan nasional demi cita-cita generasi penerus bangsa dan negara Indonesia.
Senin, 17 Desember 2012
Masukan Atas Rancangan Struktur Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar