Multiple Intelegence (MI)
membantahkan teori mengenai kemutlakan kesuksesan seseorang hanya berdasarkan
tingkat intelektual atau IQ semata. MI memandang bahwa setiap individu memiliki
keunikan masing-masing, memiliki kecerdasannya masing-masing yang dengan
kecerdasan yang dimiliki dapat dijadikan pegangan dalam mencapai kesuksesan.
Pembahasan mengenai MI di
Indonesia telah begitu mendalam para praktisi pendidikan telah mencoba
mempelajari MI secara mendalam dan berusaha diterapkan dalam kurikulum di
sekolah dengan berbagai pola penerapan. Berbagai pola penerapan Multiple
Intelegence di Indonesia antara lain adalah:
1.
MI dimasukkan dalam RPP/Lesson Plans Mata
Pelajaran
8 Kecerdasan
yang terdapat dalam MI dikembangkan melalui penyisipan dalam setiap mata
pelajaran dengan terlebih dahulu memasukkan kedalam perencanaan pembelajaran
yaitu RPP atau lesson plans.
Contoh dalam
RPP :
|
1. Identitas
Nama
Sekolah / Satuan Tugas : SD Al-Bayan
Islamic School
Mata
Pelajaran :
Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
/ Semester : V
(Lima)/ 1
Tahun Pelajaran :
2012-2013
2. Standar
Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
|
|
3. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
4.
Indikator Pembelajaran
a. Menjelaskan lahirnya NKRI
b. Menjelaskan pengertian NKRI
c. Menyebutkan dasar hukum
NKRI
d. Menggambar wilayah NKRI
|
5. Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa dapat menjelaskan lahirnya NKRI
b. Siswa dapat menjelaskan pengertian NKRI
c. Siswa dapat menyebutkan dasar hukum NKRI.
d. Siswa dapat menggambar wilayah NKRI
|
6. Materi
Ajar
|
7. Alokasi Waktu
Kelas
|
Pertemuan ke-
|
Hari, Tanggal
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
V-C
|
1
|
Selasa, 24
Juli 2012
|
2 x 35 menit
|
|
8. Metode Pembelajaran *) :
a.
Ceramah
b.
Diskusi
c.
Tongkat
estafet
d.
Picture
match
|
9. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Ket.
|
|
Model
|
Waktu
|
|||
I
II
III.
|
Kegiatan Pendahuluan:
a.
Guru dan siswa membaca doa sebelum belajar
b.
Guru menjelaskan landasan Al-quran
c.
Guru bertanya kepada siswa siapa saja yang
melaksanakan sholat 5 waktu, membaca Al-Qur’an dan berbuat kebaikan
d.
Guru mengkondisikan siswa untuk senang dan
bersemangat dalam belajar dengan bernyanyi kalau kau senang hati dan dari
sabang sampai merauke.
e. Guru bertanya siapa yang berasal dari daerah aceh
dan papua. Guru menyampaikan materi pokok, dan indikator pembelajaran.
Kegiatan
Inti (eksplorasi/elaborasi/konfirmasi):
a. Siswa diminta membuat peta NKRI di buku gambar
dengan disertai warna, khusus negara Timor Leste di beri warna berbeda.
(kecerdasan visual-spasial, kecerdasan interpersonal)
b. Guru menjelaskan materi bersatu dalam NKRI.
c. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, tiap kelompok
diminta mengerjakan soal yang telah diletakkan di dinding-dinding kelas.
(tiap kelompok mengerjakan soal yang berbeda) (kecerdasan kinestetik)
d. Tiap kelompok mempresentasikan soal yang telah
dikerjakan di depan kelas dan kelompok yang lain dipersilakan untuk bertanya.
(kecerdasan linguistik, kecerdasan interpersonal)
e. Guru memfasilitasi jalannya diskusi.
f. Siswa diminta mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa)
Kegiatan
penutup
a.
Guru menyampaikan kesimpulan materi
b. Guru memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.
Pembacaan doa
|
Ceramah
Active
Learning
Ceramah
Diskusi
|
10’
10’
10’
10’
15’
10’
5’
|
|
10. Penilaian :
Teknik Penilaian *)
|
Bentuk Penilaian *)
|
Instrumen Penilaian
(kalimat tanya dari indikator)
|
|
Tes
tulis
Tes tulis
a. Pilihan
ganda
b. Uraian
|
a.
Jelaskan lahirnya NKRI
b. Jelaskan pengertian NKRI
c.
Sebutkan dasar hukum
NKRI.
|
10.
11. Sumber
Belajar, Alat dan Media Pembelajaran
a.
Sumber
Belajar Buku
No
|
Judul Buku
|
Pengarang
|
Penerbit
|
Kota/Tahun
|
Halaman
|
1.
|
Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V
|
Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd
|
ESIS
|
Jakarta, 2008
|
1-3
|
2.
|
Pendidikan
Kewarganegaraan Kelas V
|
1.
Najib Sulhan
2.
Nafich
3.
Yamini
4.
Asmunah
|
Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional
|
Jakarta, 2008
|
1-5
|
b.
Sumber
Belajar Non Buku/Nara Sumber
|
Lingkungan
|
|
c.
Alat
dan Media Pembelajaran
1.
2.
|
Peta Indonesia
Spidol
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD Al-Bayan
Islamic School
(Hadi
Ismanto, S.Pd)
|
|
Tangerang, 26 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran PKn
(Teguh
Riyanto, SE)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar