Senin, 12 November 2012

Ramalan McKinsey dan Surat Cinta Untuk Presiden



Dari September 2012 hingga minggu pertama Oktober 2012, ramalan McKinsey & Co banyak menghiasi media massa di tanah air. Maklumlah, dalam laporannya bertajuk The Archipelago Economy: Unleashing Indonesia's Potential, McKinsey menyebutkan pada tahun 2030 ekonomi Indonesia akan menempati posisi ke-7 Ekonomi Dunia mengalahkan Jerman dan Inggris.
Menurut McKinsey, terdapat sejumlah indikasi Indonesia menjadi negara besar. Untuk 2012 ini, skala ekonomi Indonesia menempati posisi 16 besar dunia dengan pertumbuhan yang relatif stabil, yaitu sekitar 6,5% setiap tahun. Indonesia juga mampu melewati masa krisis ekonomi yang melanda dunia. Indikasi lainnya, Indonesia mampu meningkatkan jumlah investasi asing dalam beberapa tahun terakhir, sebagai misal US$ 20 miliar pada tahun 2011 dan proyeksi sebesar US$ 28 miliar untuk tahun 2012.
Pada tahun 2030 itu perekonomian Indonesia akan ditopang oleh empat sektor utama yaitu bidang jasa, pertanian dan perikanan, serta sumber daya alam. Ekonomi Indonesia juga akan terus tumbuh dengan didorong oleh kekuatan regional. Dalam 15 tahun ke depan, 1,8 miliar orang kelas konsumsi di dunia sebagian besar akan berada di Asia.
Pada saat itu, kata McKinsey pertumbuhan jumlah masyarakat kelas menengah Indonesia juga akan meningkat dari 45 juta orang pada tahun 2012 menjadi 90 juta orang pada 2030. Daya beli mereka juga signifikan karena pendapatan bersihnya diperkirakan sebesar US$ 3.600 per tahun. Terbayanglah, saat itu Indonesia akan menjadi negara yang makmur, sejahtera dan berjaya.
Surat Cinta Untuk Presiden
Banyak kalangan yang optimis dengan ramalan McKinsey ini, Indonesia akan benar-benar menyongsong kejayaannya minimal pada pada tahun 2030 dengan tetap berfokus pada penyelesaian berbagai permasalahan bangsa seperti korupsi dan narkoba.
Dalam rangka menyongsong kebangkitan ekonomi dan kemajuan bangsa Indonesia. Berbagai permasalahan bangsa hendaknya dipahami benar oleh setiap lapisan generasi masyarakat termasuk salah satunya peserta didik di sekolah dengan demikian akan tercipta generasi-generasi yang senantiasa peduli dengan kondisi bangsa dan berusaha mencari solusi atas setiap permasalahan bangsa.
Berikut adalah beberapa surat yang ditulis oleh peserta didik dari kelas VI SD Al-Bayan Islamic School mengenai masukan kepada Presiden Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyongsong kebangkitan ekonomi Indonesia.
Assalamu’alaikum Wr Wb
Selamat siang bapak Presiden. Apa kabar bapak. Saya murid kelas 6 SD Al-Bayan Islamic School, nama saya Syalva Azura Munazilah. Saya biasa dipanggil Syalva. Saya sangat mendukung bapak untuk memajukan Indonesia, saya  harap Bapak Presiden bisa memberantas korupsi yang ada di Indonesia. Sekian dari saya.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Dari Syalva Azura Munazilah.
Dideret pintu ada traktor dan  soto babat bu Cici
Di deret kusen ada granat
Di samping meja ada donat
Yang beli donat sangat banyak

Wahai yang terhormat pak Koruptor dan pejabat negeri
Kalau sudah di beri amanat
Jangan berkhianat!

Dari Rafi Damalis Rosadi BA

Assalamu’alaikum Wr Wb
Salam hormat Pak SBY, saya prihatin dengan keadaan Indonesia. Indonesia sering panas karena penebangan hutan yang berlebihan dan tidak direboisasi kembali dan global warming akibat tersebut banyak hewan yang kehilangan habitatnya, warga banyak kehabisan air bersih.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Dari Muhammad Raihan Helmi

Assalamu’alaikum Wr Wb
Teruntuk bapak Presiden yang terhormat, saya ingin memberikan beberapa pertanyaan kepada Bapak. Saat ini, saya sedang berada dibangku kelas 6 SD, dan tinggal beberapa bulan lagi saya akan mengalami Ujian Nasional dan masuk ke SMP. Saya ingin bertanya mengenai pendidikan di Indonesia.  Semakin lama pendidikan di Indonesia semakin berat berbeda dengan pendidikan di negeri-negeri lain.
Materi yang dikeluarkan dalam UN banyak yang menyangkut dengan pelajaran-pelajaran di tingkat selanjutnya. Bukan maksud saya mengeluh walaupun begitu, waktu istirahat saya memang menjadi menipis. Saya sempat bertanya-tanya apakah saat adik saya  yang masih berusia 1 tahun saat Ujian Nasional akan menghadapi materi-materi kuliah?
Kalau bisa tolong SKL untuk UN diperkecil dan tidak ada materi-materi di luar SKL tersebut. Sekian dari saya mohon maaf atas kelancangan saya.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
Dari Aline

Tidak ada komentar: