Kamis, 30 Agustus 2012

Merangkai Sebuah Cita-Cita Luhur Untuk Indonesia Yang Maju dan Berjaya





Kemajuan Indonesia sebagai sebuah bangsa hakikatnya bersumber dari sumber daya manusia yang berkarakter dan berkualitas, karakter manusia berkualitas yang pantang menyerah, jujur, bersih dan peduli serta memiliki visi memajukan kehidupan keluarga, masyarakat, dan bangsa, karakter manusia berkualitas yang tidak mementingkan kepentingan diri sendiri dan kelompok, namun karakter manusia berkualitas yang senantiasa mementingkan kepentingan keluarga, masyarakat dan bangsa. Peningkatan kualitas sumber manusia yang berkarakter dan berkualitas merupakan prasyarat  mutlak dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur yaitu menjadi bangsa yang besar dan disegani dengan rakyat yang hidup dengan aman, damai, adil dan sejahtera. Salah satu sarana dalam mewujudkan cita-cita luhur tersebut adalah melalui pendidikan baik formal, informal maupun nonformal.

Dalam rangka turut serta mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia maka Yayasan Aku Cinta Indonesia dibentuk, dengan mengusuung visi berperan aktif meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam rangka membantu pembangunan nasional serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Yayasan Aku Cinta Indonesia dalam rangka menjalankan visi yayasan memiliki misi antara lain :

1.   Menumbuhkan dan meningkatkan unit usaha kecil dan menengah sehingga mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan
2.   Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan dan kemakmuran bersama
3.   Meningkatkan kesetaraan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan bagi masyarakat yang berasal dari kalangan tidak mampu melalui jalur beasiswa
4.   Meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai urgensi pembentukan karakter anak sejak usia dini melalui jalur keluarga dan lingkungan sekitar
5.   Meningkatkan pemerataan dan penyebarluasan aneka ragam informasi yang mengandung muatan pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat.
6.   Meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai urgensi sistem politik dalam tatanan berbangsa dan bernegara.

Langkah kongkret untuk mewujudkan visi dan misi, yayasan Aku Cinta Indonesia menggagas 9 program yaitu : 

1.     Bina Masyarakat Mandiri (BM2)
Program yang berorientasi menumbuhkan semangat berwirausaha dengan cara memberi pembekalan keterampilan, mengarahkan dan memberi pinjaman modal usaha sehingga diharapkan muncul wirausahawan-wirausahawan baru yang secara otomatis mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan

 2.     Rumah Baca Masyarakat (RBM)
Program yang berorientasi menumbuhkan dan meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat terutama anak-anak dan remaja sebagai generasi penerus bangsa dengan menstimulus melalui kegiatan lomba, games, pemberian reward, dan pelatihan sehingga diharapkan muncul budaya membaca dimasyarakat.

3.     Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Program yang bertujuan merangsang tumbuh kembang anak-anak di usia dini yang dikenal dengan masa perkembangan emas (golden age) baik jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

4.     Bengkel Politik (BP)
Program yang bertujuan melahirkan calon-calon pemimpin baru berbasis desa atau kampung melalui sistem kaderisasi, dan penanaman urgensi politik bersih dan sehat bagi kemajuan bangsa dan negara.

5.     Beasiswa Terpadu (BEST)
Program pemilihan peserta didik (siswa) berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk kemudian dibantu agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan juga memberikan pembekalan-pembekalan yang menunjang kesuksesannya dimasa depan kelak.

6.     Bimbingan Belajar (Bimbel SP)
Program membantu peserta didik (siswa) dalam mereview materi-materi yang telah diajarkan di sekolah sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar.

7.     Parenting Education (Pareduc)
Program memberikan pemahaman melalui training, buletin, kunjungan rumah dan konsultasi kepada orang tua mengenai cara mendidik anak yang benar.

 8.     IT education (ITE)
Program pembelajaran berbasis IT kepada anak-anak (seperti CD Akal) dan program pembekalan IT kepada para remaja dan orang tua dalam bentuk pengenalan hardware dan software sampai pada penguasaan aplikasi program komputer seperti Word dan Excel.

9.     Spritual dan Karakter Bangsa (SBK)
Program peningkatan nilai-nilai spritual, dan nasionalisme serta program pencerahan mengenai urgensi pendidikan karakter bangsa melalui buletin dan seminar.

Peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk membantu tercapainya cita-cita luhur Yayasan Aku Cinta Indonesia sangat diharapkan, karena sesungguhnya yayasan ini dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Agenda-agenda Yayasan Aku Cinta Indonesia dalam waktu dekat antara lain:
  1. Opening Rumah Baca masyarakat Tanggal 27 Agustus 2012
  2. Opening buletin Parenting Education Tanggal 26 Agustus 2012
  3. Opening Bimbingan Belajar ‘’Sahabat Pelajar’’ Tanggal 6 Oktober 2012
  4. Opening Pendidikan Anak Usia Dini ‘’Sahabat Anak’’ Tanggal 6 Oktober 2012
Mohon doa dan dukungan untuk Indonesia negeri kita tercinta.
Salam sukses dan bahagia untuk kita semua …

Tidak ada komentar: