Minggu, 02 September 2012

Rangkuman Materi Ajar PBP Kelas 4


MATERI  AJAR

Mata Pelajaran    :  Pendidikan Budi Pekerti
Kelas/Semester  :  IV / I
Alokasi Waktu      :  4 x 35 Menit


Standar Kompetensi
1.      Memahami pentingnya sosialisasi diri dalam keragaman suku bangsa dan budaya setempat.

Kompetensi Dasar
1.1.   Melakukan sosialisasi diri dengan teman sebaya dan sepermainan.

Indikator
a.          Menyebutkan pengertian teman
b.         Menyebutkan ciri-ciri teman yang baik
c.          Menjelaskan fungsi adanya teman
d.         Menjelaskan pengertian sosialisasi

Materi Pokok Pembelajaran
Sosialisasi dengan Teman Sebaya dan Sepermainan

Materi Ajar diambil dari pustaka:
a.  M. Tachya Ardiansyah: 2009, Pendidikan Budi Pekerti untuk SD/MI kelas 4.Tangerang. PT. Griya Widya Pustaka
.

Sosialisasi dengan Teman Sebaya dan Sepermainan


 Teman merupakan orang yang senantiasa berhubungan dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Teman adalah orang yang bersama atau dekat dengan kita. Teman jika ditinjau dari sisi lingkungan maka dapat dibedakan menjadi bermacam-macam. Teman sekolah, yaitu teman kita di sekolah. Teman di rumah yaitu teman saat di rumah. Teman sebaya, yaitu teman yang usianya sama atau hampir sama dengan kita. Teman sepermainan, yaitu teman bermain kita.

  Sosialisasi adalah merupakan sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog (ahli ilmu sosial) menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

  Dalam proses pertemanan terjadi sosialisasi, dengan demikian terjadi proses transfer nilai dalam lingkup pertemanan. Dalam sosialisasi dengan teman terdapat nilai-nilai pertemanan. Nilai-nilai pertemanan inilah yang akan membentuk bagaimana pertemanan itu berlangsung. Jika pertemanan itu menjaga nilai-nilai yang baik, maka pertemanan itu akan baik pula. Sebaliknya, jika pertemanan itu tidak menjaga nilai-nilai yang baik itu, maka pertemanan akan menjadi  baik pula.

Nilai-nilai dalam Pertemanan yang Baik

Teman merupakan orang yang terdekat dalam keseharian hidup kita. Dalam proses pertemanan harus terdapat nilai-nilai yang kita jaga agar pertemanan senantiasa abadi penuh dengan nilai-nilai kebaikan. Nilai-nilai pertemanan tersebut antara lain

1.       Saling menghargai dan menghormati
2.       Saling membantu
3.       Setia kawan
4.       Saling menjaga dan melindungi

Berhati-hati terhadap Pengaruh Buruk Pertemanan

   Pernahkan kalian mendengar ada seseorang anak yang berani melawan orang tuanya karena terpengaruh oleh temannya yang juga berani melawan orang tuanya? Atau pernahkah kalian mendengar ada anak yang merokok karena meniru teman-temannya.

      Pertemanan akan membawa pengaruh bagi seseorang. Pengaruh itu ada yang baik dan ada yang buruk. Jika pengaruh itu baik, maka seseorang akan menjadi baik. Sebaliknya, jika terpengaruh hal yang buruk dari teman, maka seseorang juga akan menjadi buruk. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan pengaruh buruk pertemanan. Ciptakanlah pertemanan yang baik.

Apa saja pengaruh-pengaruh buruk yang bisa timbul dari pertemanan? Berikut beberapa pengaruh buruk yang bisa timbul dari pertemanan, yaitu:

1.       Perkelahian
2.       Merokok
3.       Minuman keras
4.       Narkoba
5.       Pacaran






Tidak ada komentar: