Berikut kami sampaikan 180 judul
PTK sebagai bahan pertimbangan rekan-rekan guru yang ingin melakukan Penelitian
Tindakan Kelas.
1.
Meningkatkan kompetensi afektif siswa melalui
pendekatan pendidikan budaya dan
karakter bangsa pada pelajaran IPS di SMP Bangun Bangsa Tangerang Selatan
2.
Peningkatan pemahaman siswa terhadap mata
pelajaran IPS dengan menggunakan perangkat multimedia di SMP Bangun Bangsa
Tangerang Selatan
3.
Pemanfaatan lingkungan sekolah (kecamatan)
sebagai sumber belajar pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Harapan Bangsa
Tangerang
4.
Meningkatkan kompetensi afektif siswa melalui
media buku bintang prestasi pada mata pelajaran matemtika kelas 1 SD Al-Bayan
Islamic School
5.
Meningkatkan pembentukan karakter siswa melalui
media buku bintang prestasi pada mata pelajaran PKn di kelas 1 SD Al-Bayan
Islamic School
6.
Meningkatan Hasil Belajar IPS melalui Kolaborasi
Metode Quantum Teaching dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VI SD Harapan
Bangsa
7.
Meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-A SMPN 1
Tamban ajaran 2007/2008 melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai
sumber belajar pada konsep ekosistem.
8.
Peningkatan Keterampilan Problem Solving Siswa
Melalui Pendekatan Trading Place Pada Proses Pembelajaran di Kelas XI SMU
Muhammadiyah 18 Jakarta
9.
Peranan Metode Discovery-Inquiry Dalam
Meningkatkan Pemahaman Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Siswa Kelas
VIII SMPN Babakanmadang, Kabupaten Bogor
10. Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Inkuiri Pada Materi Produk
Pengeringan Nabati di Kelas IX-C SMPN 1 Babakanmadang, Kabupaten Bogor
11. Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk
Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri
1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007
12. Pengembangan Model Keterampilan Proses Berbasis
Kompetensi untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Produk Pembelajaran
Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar
13. Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R Berbantuan
LKS untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 4
Singaraja
14. Penerapan Pengajaran Konseptual Interaktif dan
Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X3 SMA
Negeri 3 Singaraja
15. Implementasi Strategi 5E dengan Bahan Ajar
Bermuatan Perubahan Konseptual sebagai Upaya Mengubah Miskonsepsi, dan
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Singaraja
16. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Diklat Menyiapkan, Menyajikan Minuman
Non-Alkohol Siswa II A1 SMKN 2 Singaraja
17. Pemberdayaan Prior Experience dalam Pembelajaran
Modul Praktikum dengan Model Experential Learning sebagai upaya Meningkatkan
Kompetensi Sains Siswa SMPN 2 Singaraja
18. Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
dengan Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa
Kelas II SMP Negeri 2 Singaraja
19. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis
Inkuiri Bermedia Karikatur untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan
Menulis Siswa SMP Lab. IKIP Singaraja
20. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin
dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X
SMA Negeri 2 Singaraja
21. Implementasi Pendekatan Matematika Realistik
Berbantuan LKS dengan Model Pembelajaran Kooperatif TPS dalam Meningkatkan
Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
22. Implementasi Teori Belajar Action, Process,
Object, Schema dengan Menggunakan Pendekatan Siklus: Activities,
Class-Discussion, Exercise untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
SMP
23. Implementasi Model Pembelajaran Reasoning and
Problem Solving Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Kompetensi
Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja
24. Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk
Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Negeri 38 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007
25. Peningkatan Penguasaan EYD Karangan Narasi dengan Teknik Koreksi Teman
Sebaya Siswa Kelas VI SD Anjasmoro 02 Semarang
26. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika dengan Metode
Presentasi Siswa Kelas Imersi SMP 1 Magelang Tahun Pembelajaran 2006/2007
27. Upaya Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Pelajaran PKPS melalui
Program Pembiasaan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanggedang Tahun Pelajaran
2006/2007
28. Efektivitas Problem Solving dengan Memanfaatkan Alat Peraga dalam
Pembelajaran Geometri di Kelas VIII B SMP Negeri 2 Demak Tahun 2006
29. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Peluang melalui
Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas XI MA Mualimat NW Pancor Lombok Timur
NTB
30. Peningkatan Daya Berpikir Kritis Siswa terhadap Kondisi Lingkungannya
melalui Penggunaan Peta Konsep pada Pembelajaran Sosiologi Kelas VII SMPN 1
Aikmel
31. Strategi Manajemen Saluran Penanganan Bimbingan dan Konseling untuk
Meningkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab pada Siswa SMPN 1 Selong
32. Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas I Madrasah Aliyah Negeri Selong
33. Upaya Meningkatkan Kemampuan Reading Comprehension Siswa Kelas X2 SMA
PGRI 1 Lubuk Linggau dengan Menggunakan Pendekatan Genre-Based Approach
34. Kolaborasi Pendekatan Struktural dengan Pendekatan Kontekstual Melalui
Metode Diskusi dalam Mengoptimalisasikan Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa
Kelas VIII MTsN Lubuk Linggau
35. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Instrinsik Dongeng Melalui
Teknik Bercerita Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Lubuk Linggau
36. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI SMA
Negeri 4 Lubuk Linggau Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan
Journalist's Questions
37. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA/Sains Siswa Kelas IV dengan
Pendekatan Kontekstual pada Sekolah Dasar Negeri 6 Matangglumpangdua Kecamatan
Peusangan
38. Upaya Menuntaskan Indikator Pembelajaran Siswa dengan Model Direct
Instruction Konsep Tata Surya Mata Pelajaran IPA - Fisika (Studi pada Siswa
Kelas I-1 SMPN 12 Langsa)
39. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pendekatan Matematika
Realistik di Kelas 7 SMPN 1 Kotamadya Bengkulu
40. Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas X SMA
Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Metode Investigasi Kelompok
41. Pengkombinasian Problem Possing dan Cooperative Learning untuk
Pengajaran Matematika di Kelas Unggul pada SMP Rintisan Sekolah Standar
Nasional
42. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I-B SMPN 5 Kendari
Melalui Model Kooperatif Tipe Think-Paire-Share
43. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas
III IPA SMA Negeri 8 Kendari Melalui Model Pembelajaran Inquiri
44. Meningkatkan Keterampilan Merumuskan Kesimpulan Melalui Penggunaan
Peta Konsep pada Pengelompokan Makhluk Hidup Mata Pelajaran Sains-Biologi di
Kelas VII-1 SMP Negeri 9 Kendari
45. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Tongkat
Estafet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Makanan (Kaji
Tindak di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kendari)
46. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI SD Negeri 32 Poasia Kendari
dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Melalui Pendekatan
Matematika Realistik
47. Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pokok Bahasan Statistika
dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2
Kendari
48. Penerapan Model Pembelajaran Advanced Organizer untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa XI Ilmu Alam SMA Negeri 5 Kendari
49. Efektivitas Model Pembelajaran Rogers dalam Mengatasi Kesulitas Siswa
Memahami Konsep Matematika Pokok Bahasan Bentuk Pangkat, Akar dan Logaristma di
Kelas X Madrasah Aliyah Pesri Kendari
50. Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas X
SMAN 4 Kendari dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif
51. Upaya Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Raklin
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri No. 9 Mandonga
52. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Gerak
Melalui Penerapan Strategi Concept Mapping pada Kelas II.2 SMPN 12 Kendari
53. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Naratif Teks
Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning
54. Meminimalkan Kesalahan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas II
MTsN Kenali Besar Jambi Melalui Penggunaan Pita Garis Bilangan
55. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara
Bahasa Inggris di SMPN 1 Jember melalui Learning Community dengan Teknik
Permainan Komunikatif
56. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menyimak, Membaca, dan Menulis
Bahasa Inggris Siswa SMP 1 Jember melalui Cerita
57. Pembelajaran Sains Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk
Meningkatkan Academic Skill Siswa MI Miftahul Ulum Serut 02 Jember
58. Penerapan Metode Pembelajaran Konsultatif untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kelas II SMAN 1 Arjasa Jember
59. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Materi Aritmetika
Sosial Menggunakan Pendekatan Kontekstual
60. Meningkatkan Pemahaman Siswa SLTPN 8 Jember tentang Kesebangunan
dengan Penemuan Terbimbing (Guide Discovery)
61. Penerapan Strategi Belajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching
untuk Meningkatkan Keaktipan Belajar Siswa Prestasi Hasil Belajar pada Siswa
Kelas III di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2005 - 2006
62. Peningkatan Image Anak tentang Tempat-Tempat Jauh (Hubungannya dengan
Kehidupan Manusia dan Lingkungan) melalui Media Gambar dan Group Discussion di
SDN Kranjingan 3 Sumbersari-Jember
63. Peningkatan Pemahaman Konsep-Konsep Biologi Melalui Strategi M2E
(Mapping, Matrix, & Elaboration) pada Siswa Kelas 1 SMP Negeri 5
Banjarmasin
64. Mengatasi Miskonsepsi Siswa Kelas III SMPN 24 Banjarmasin pada Materi
Ajar Listrik Dinamis dengan Menerapkan Teknik Pemodelan dalam Setting
Pembelajaran Generatif
65. Meminimalkan Kesalahan Siswa Kelas III-IPA SMAN 1 Banjarmasin dalam
Menyelesaikan Persamaan Trigonometri Melalui Strategi Konflik Kognitif dan
Problem Solving dalam Pembelajaran Kooperatif
66. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI)
untuk Mengatasi Permasalahan dalam Pembelajaran Kimia Akibat Heterogenitas
Kemampuan Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Banjarmasin
67. Memanfaatkan Metode Debat Secara Formal untuk Mengoptimalkan Pemahaman
Bioetika pada Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas XI MAN 1
Banjarmasin
68. Implementasi Pendekatan Pembelejaran Kooperatif dalam Pembelajaran
Biologi Semester Gasal Tahun Ajaran 2005/2006 untuk Mengatasi Rendahnya
Pemahaman Siswa Kelas IIIB SMPN 21 Banjarmasin
69. Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas X Semester I SMA Swadhipa Natar
melalui Penerapan Metode Eksperimen Berwawasan Lingkungan
70. Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan Wacana Berbahasa Inggris Siswa
Kelas XI dengan Text-Based Listening di SMAN I Natar Lampung Selatan
71. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMPN 5 Bandar
Lampung melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
72. Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Aneka Sumber Belajar
di SMPN I Pugung Kabupaten Tanggamus
73. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Portofolio untuk Meningkatkan
Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 1 SMA YP UNILA
Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2005/2006
74. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk
Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Ampenan
75. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Tanggungjawab Siswa dalam Proses
Pembelajaran PKn Melalui Penggunaan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw di
SMP Negeri 2 Mataram Kelas VIII
76. Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab melalui Permainan (Studi
di Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang)
77. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model
Jigsaw dalam Pembelajaran Sains di Kelas VII SMP Kartikatama Metro Tahun
Pelajaran 2005/2006
78. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi melalui
Pembelajaran Kooperatif (Tipe Pendekatan Struktural Think-Pair-Share) Siswa SMA
Negeri I Metro Tahun Pelajaran 2006/2007
79. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif
Tipe Penyelidikan Kelompok pada Siswa Kelas X SMAN 3 Metro Lampung
80. Pembelajaran di Luar Kelas dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Bersama
untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Lingkungan Siswa Kelas
III SDM Kota Metro
81. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Pendekatan Pembelajaran
Kontekstual (CTL) Kelas VII di SMP Negeri 3 Metro Tahun 2005
82. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk
Mengintegrasikan Nilai-Nilai Imtaq dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1
Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2006/2007
83. Model Penemuan dan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Realistik pada
Pembelajaran Matematika di SD Pertiwi Teladan Metro Tahun Pelajaran 2005/2006
84. Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VII SMP Maryam Surabaya dalam
Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
85. Penerapan Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Konsep Ciri-ciri
Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I SLTP Muhammadiyah
5 Surabaya
86. Peningkatan Kompetensi Menulis Pengalaman Siswa Kelas VII F SMP Negeri
2 Gatak Melalui Pola Latihan Berjenjang
87. Peningkatan Peran Aktif dan Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah
Sumbang melalui Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Discovery
88. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Menggunakan Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Ledug
Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
89. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Pelajaran Sejarah
melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devision)
di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Purwokerto
90. Upaya Mengembangkan Kemampuan Siswa Meneliti Sejarah Lokal melalui
Model Inkuiri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purwokerto Tahun Ajaran 2006 -
2007
91. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournaments)
untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika (Studi di SMP
Negeri 4 Purwokerto)
92. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Motivasi dan
Partisipasi Siswa serta Kualitas Hasil Belajar di SMA Negeri II Samarinda
93. Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatinegara 05 Pagi Cakung
Jakarta Timur
94. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan
Pendekatan Realistik Matematik di SDN Mekarsari 06 Tambun - Bekasi
95. Implementasi Portofolio Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan
Kualitas Proses dan hasil Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Sungguminasa
Kabupaten Gowa
96. Penerapan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah yang Diintervensi
dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMU
97. Efektivitas Pendekatan Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil
IPA di SDN 62 Pare-Pare
98. Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat
Peraga di Kelas V SD Negeri 10 Watampone
99. Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan
Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas II SMA Negeri 21 Makassar
100. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi
melalui Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri 24 Makassar
101. Model Pembelajaran Seni Rupa di SMU Negeri 2 Malang dengan Penggunaan
Desain Media Reproduksi Grafika untuk Mengembangkan Kreativitas Anak
102. Penggunaan Model Pembelajaran Siklus Belajar dan Belajar Kooperatif
Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa
Kelas X SMA Negeri I Tumpang - Malang
103. Aplikasi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Asesmen Autentik untuk Meningkatkan
Pembelajaran PSKn Kelas IV di SDI Sabilillah Malang
104. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Pendekatan
Proses Membaca dalam Membaca Cerita di Kelas 3 SD Negeri Bendogerit Kota Blitar
105. Penerapan kegiatan Hands on Activity dan Modified Discovery-Inquiry
pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Siswa Kelas I SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang
106. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe
STAD untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII
SMA Negeri 9 Malang
107. Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir, Hasil dan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Wahid Hasyim III Malang
108. Penggunaan Media Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Komunikasi Total
untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di SLB Bagian B
YPTB Malang
109. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Kooperatif
Model STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa Kelas V MI Jenderal Sudirman Malang
110. Pengefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen melalui Pemanfaatan
Pertanyaan "Bagaimana Jika …" pada Siswa Kelas X MAN Malang I
111. Peningkatan Pemahaman Geografi dengan Strategi Pembelajaran Berbasis
Masalah dalam Kerangka Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Kelas X SMA
Negeri I Batu
112. Penerapan Metode SQ3R sebagai Upaya untuk Meningkatkan Tingkat
Kemampuan Penguasaan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SLTP Negeri 27
113. Implementasi Konseling Perkembangan dalam Pembelajaran sebagai Model
Pembiasaan Perilaku Belajar Siswa SD Negeri 064018 di Medan Sunggal
114. Upaya Peningaktan Keaktifan Belajar Siswa melalui Metode Demonstrasi
dan Latihan pada Pembelajaran Teknik Tailoring Kelas II A Semester 3 SMKN 6
Padang
115. Upaya Meningkatkan Penalaran Fisika Siswa melalui Penekanan Konsep
Esensial dan Peta Konsep di Kelas 2 SMP 7 Padang
116. Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa melalui Model Mengajar
Perubahan Konseptual pada Mata Pelajaran Sejarah di SMP Pembangunan KORPRI UNP
117. Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam
Meningkatkan Aktivitas Bertanya dan Kemampuan Menjelaskan Konsep dan Prinsip
Fisika di Kelas 1 SMA 3 Padang
118. Upaya Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan melalui Optimalisasi
Jeda Strategis dengan Karikatur Humor pada Mata Pelajaran Matematika di SMA
Negei 7 Padang
119. Usaha Peningkatan Efektifitas Belajar Mengajar melalui Pendekatan
Penyajian Garis Gerak Perubahan pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA
120. Pemaksimalan Kompetensi Siswa Kelas X SMA 3 Semarang dengan Pendekatan
Penerapan Penelitian dalam Pembelajaran Kimia
121. Meningkatkan Kompetensi Dasar Siswa Kelas IX SMP 25 Semarang dalam
Pokok Bahasan Lingkaran melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TGT
Bercirikan CTL
122. Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Kimia sesuai KBK 2004 di Kelas X SMA
Negeri 5 Semarang dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD
123. Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi FPB dan KPK dengan
Mendayagunakan Alat Peraga dan Serangkaian Pertanyaan Kognitif di SD Sekaran 01
Semarang
124. Optimalisasi Pontensi Unggulan Lokal dalam Pembelajaran Aritmetika
Sosial pada Siswa Kelas VII SMPN 9 Semarang, sebagai Implementasi Kurikulum
Berbasis Kompetensi
125. Penerapan Asesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam
Kerja Ilmiah pada Pembelajaran PA-Biologi di SMP Negeri 40 Semarang
126. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati
melalui Penerapan Model Investigasi Kelompok di SMA 9 Semarang
127. Penggunaan Bagan Dikhotomi Konsep sebagai Pendekatan Kontekstual untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Keanekaragaman Hewan pada Siswa Kelas I SMP Negeri 9
Semarang
128. Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga untuk Menciptakan
Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Siswa Kelas 3 SD Sampangan 04 Semarang
129. Upaya Menumbuhkan Semangat Siswa Mencapai Standar Kompetensi dengan
Model Pembelajaran Heroik dan Turnamen Matematika SMA
130. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Mata Pelajaran
Bahasa Daerah di Kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo melalui Penerapan Asesmen Autentik
131. Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum
132. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Anak Autis melalui Implementasi
Pendekatan Individualized Education Program (IEP) di SDN Inklusif Klampis
Ngasem 1-246 Surabaya
133. Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran
Kontekstual Model Berkemah dan Media Pembelajaran Lingkungan di SD
134. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dalam rangka Meningkatkan
Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Siswa dalam Penemuan Konsep secara
Mandiri di SMPN 21 Surabaya
135. Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotor melalui Pembelajaran Berbasis
Laboratorium pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Jombang
136. Penerapan Perangkat Pembelajaran Inovatif dalam rangka Peningkatan
Penguasaan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Kertajaya XIII Surabaya
137. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan
Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 3 Porong
138. Menciptakan Iklim Pembelajaran Sejarah yang Menyenangkan melalui
Snowball Drilling Method
139. Penerapan Pola Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Surabaya
140. Penggunaan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca
Cerita Siswa Kelas II SDN Jepara 2 Surabaya
141. Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia dengan Pendekatan
Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Keterampilan Scientifik dalam Mata
Pelajaran Fisika di SMUN 1 Depok Slemant Yogyakarta
142. Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa SD Kelas V dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Cooperative Learning
143. Perbaikan Teknik Menyanyikan Nada-nada Melodi melalui Teknologi MIDI
di SD Negeri Kalasan I - Yogyakarta
144. Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas 1 SMK Negeri 1 Palangkaraya dalam
Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pemberiaan Feedback dan Reinforcement
145. Peningkatan Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Proses dan Media
Gambar di Kelas II SDN Menteng 6 Palangkaraya
146. Penerapan Pembelajaran Perspektif Pemodelan Matematika Bermediasi RME
untuk Penalaran dan Penguasaan Konsep Statistika bagi Siswa Kelas II SMUN 3
Palangkaraya
147. Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Melatih Keterampilan Berpikir
dalam Proses Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di SMA
Negeri-1 Palangkaraya
148. Model Reader Respons untuk Meningkatkan Minat dan Keberanian Siswa
Mengemukakan Tanggapan dalam Pembelajaran Sastra Sunda di SMA Pasundan 2
Bandung
149. Pengembangan Strategi Pembelajaran Menulis dengan Model Menulis Proses
dan Penilaian Portofolio di Sekolah Dasar Kabupaten Sumedang
150. Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Menulis Permulaan Anak
Berkesulitan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode
VAKT di SD Permata Hijau Rancaekek Kab. Bandung
151. Pelaksanaan Pembelajaran Kimia yang Berorientasi pada Struktur dalam
rangka Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMA PGRI Cililin Kab. Bandung
152. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Gejala-Gejala Alam dengan
Menggunakan Media Pembelajaran Mock Up di Sekolah Dasar Negeri Embong 2 Bandung
153. Optimalisasi Penggunaan Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Kerja
Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Sains di SDN Puncakmulya Kecamatan Manonjaya
Kabupaten Tasikmalaya
154. Dramatisasi Cerita Bergambar untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar
Berekspresi Sastra di Sekolah Dasar
155. Pemberdayaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar dalam Upaya
Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Laboratorium UPI
Kampus Cibiru
156. Peningkatan Partisipasi Siswa dengan Model Inkuiri Berbasis CTL
(Contextual Teaching and Learning) pada Pembelajaran Kewarganegaraan Kelas XI
SMA Negeri 1 Jetis, Bantul Yogyakarta
157. Pemakaian bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan
Soal Cerita Matematika pda Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta
158. Penggunaan Aktivitas-Aktivitas Model (Model Activities) dalam
Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar.
159. Penggunaan Software SIG Khusus dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif
untuk Mempermudah Penguasaan Kompetensi SIG pada Pembelajaran Geografi di SMAN
I Surakarta
160. Peningkatan Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial
dengan Teknik Jigsaw di SMP Negeri 17 Palembang
161. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia
di SMA Srijaya Negara melalui Penerapan Cooperative Learning dan Authentic
Assessment
162. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas II SMP Negeri
52 Palembang melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw
163. Peningkatan Pemerolehan Bahasa Indonesia Ragam Tulis Siswa Madrasah
Ibtidiyah Aliyah II Palembang melalui Strategi Kooperatif Integrasi Membaca dan
Menulis
164. Penerapan Strategi Suggestopedia dalam upaya Meningkatkan Kemampuan
Menulis Cerpen Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP Negeri 1
Palembang
165. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Teknik Tell Me What You See I
pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang
166. Peningkatan Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Matematika dalam
Bahasa Inggris melalui Supervisi Klinis di Kelas VII Koalisi SMP Negeri 1
Palembang
167. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Metode Improve untuk
Meningkatkan Pemahaman Matematik dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah
Menengah (SMA) Negeri I Balaraja Kabupaten Tangerang - Banten
168. Penggunaan Alat Peraga Matematika dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Serang
169. Pemanfaatan Simulasi Komputer sebagai Media Pembelajaran untuk
Mengatasi Miskonsepsi Fisika Konsep Mekanika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu
170. Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD
Karunadipa Palu terhadap Konsep Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar
171. Penerapan Pendekatan Open-Ended dan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif
Efektif dan Menyenangkan) pada Sub Pokok Bahasan Operasi Pecahan di Kelas VII
SLTP Negeri 1 Palu
172. Pendekatan Salingtemas dikombinasikan Pemakaian Multimedia dalam
Pembelajaran Kimia kelas X untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja Ilmiah Siswa SMA
Negeri 6 Palu
173. Implementasi Perangkat Model Bangun Ruang Sisi Lengkung dalam
Pembelajaran Pokok Bahasan Tabung, Kerucut dan Bola di Kelas II SMP Negeri 1
Palu
174. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Negeri
Model Kota Palu Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Mengoptimalkan Kegiatan
Pembelajaran di Laboratorium.
175. Penerapan Pendekatan Struktur Konsep untuk Peningkatan Pemahaman dan
Penerapan Konsep Fisika dalam Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP Negeri 19 Palu
176. Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kelas dalam Pembelajaran
Fisika Melalui Optimasi Rubrik Performance Assessment
177. Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian
Tindakan Kelas di SMA Negeri 2 Dolo)
178. Implementasi Perangkat Model Geometri Molekul dalam Pembelajaran Pokok
Bahasan Teori Domain Elektro dan Gaya Antarmolekul di Kelas XI SMU Negeri 1
Palu
179. Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Komputer Program
Interactive Atlas 2002 untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Region Siswa Kelas
IX SMPN 4 Sindue
180. Meningkatkan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Siswa tentang
Kinematika Melalui Pembelajaran Multimodel Berbasis CTL pada Siswa Kelas X SMAN
1 Kabupaten Pontianak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar