Minggu, 02 September 2012

Rangkuman Materi Ajar PBP Kelas 6


MATERI  AJAR

Mata Pelajaran          :  Pendidikan Budi Pekerti
Kelas/Semester        :  VI / I
Alokasi Waktu           :  4 x 35 Menit


Standar Kompetensi
1.     Menghargai, menghormati, dan meneladani nila-nilai perjuangan toko dan pahlawan Indonesia

Kompetensi Dasar
1.1.   Membiasakan perilaku optimis dan pantang menyerah dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
a.  Menjelaskan pengertian optimis
b.  Menyebutkan contoh-contoh sikap optimis
c.  Menjelaskan pengertian pesimis
d.  Menyebutkan contoh-contoh pesimis
e.  Menyebutkan cara agar selalu optimis
f.  Mempraktekkan sikap optimis

Materi Pokok Pembelajaran
Optimis dan Pesimis

Materi Ajar diambil dari pustaka:
Epi Sumarna dkk: 2009, Pendidikan Budi Pekerti untuk SD/MI kelas 6.Tangerang. PT. Griya Widya Pustaka

OPTIMIS DAN PESIMIS

A. Pengertian Optimis dan Pesimis
            
1. Apa itu Optimis?
        
           Pengertian optimis sangat beragam namun memiliki esensi yang sama. Menurut KBBI, optimis adalah orang yang selalu berpengharapan baik dalam menghadapi segala hal.
        
           Ada yang mengartikan optimis adalah sebuah paradigma (cara pandang), yaitu tentang bagaimana melihat masalah dengan cara yang berbeda. Ada juga yang memahami optimis adalah  kecenderungan untuk bersikap tetap berharap akan terjadinya sesuatu yang menyenangkan walaupun mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. Ada yang berpendapat bahwa optimis adalah keyakinan akan sebuah harapan yang lebih baik dan ia melakukan  usaha untuk mewujudkan harapan yang lebih baik itu.
         
          Pada dasarnya, optimis adalah keyakinan diri akan sesuatu harapan bahwa dirinya mampu terhadap sesuatu harapan itu. Dari pengertian opimis tersebut, ada beberapa hal yang terkandung alam pengertian optimis, yaitu :

1. Optimis berkaitan dengan keyakinan diri dan cara pandang yang positif terhadap suatu harapan,
2. Orang yang optimis merasa dirinya mampu dan akan berhasil,
3. Harapan orang optimis adalah harapan terhadap sesuatu yang lebih baik,
4. Berusaha semaksimal mungkin dan siap menghadapi berbagai rintangan

2. Apa itu Pesimis?

           Pesimis adalah ketidakyakinan diri terhadap suatu hal (miskin harapan). Karena miskin harapan, maka ia tidak banyak melakukan apa-apa. Kalaupun melakukan apa-apa, ia akan mudah menyerah jika ada halangan dan rintangan yang menghadangnya.

           Pesimis adalah penyakit bagi orang yang ingin maju dan sukses. Karena penyakit, maka pesimis harus dihindari dan diberantas dari diri kita.

Orang yang pesimis akan memiliki atau mengidap penyakit 5 T (Tidak), yaitu :
a. Tidak ada harapan lagi (no hope)
b. Tidak ada pilihan lagi (no choice)
c. Tidak ada keberuntungan yang menyertai saya (no luck)
d. Tidak ada gunanya lagi (no use)
e. Tidak lagi perlu melakukan sesuatu (no action)

B. Ciri-ciri Orang Optimis

1. Selalu memiliki harapan dan keyakinan.
            Orang yang optimis selalu memiliki harapan dan keyakinan dalam dirinya. ia tetap mempunyai harapan walaupun dalam keadaan yang paling buruk sekalipun.

2. Percaya diri.
            Orang yang optimis selalu percaya diri. Ia merasa dirinya mampu melakukan sesuatu atau mewujudkan harapannya itu. Merasa dirinya mampu bukan dalam pengertian "sok merasa bisa", tapi "bisa merasa". Ia merasa mampu karena ia memiliki kemampuan atau kemauan untuk mampu.

3. Berusaha maksimal.
            Orang yang optims akan berjuang mewujudkan harapannya. Harapannya sia-sia jika tidak diwujudkan.

4. Pantang menyerah.
            Pantang menyerah adalah ciri orang yang optimis. Ia akan menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang muncul saat berusaha mewujudkan cita-citanya. Orang yang optimis bermental juara dan ksatria. Jika gagal, ia akan bangkit kembali dan terus berusaha lebih keras. Ungkapan yang cocok untuk orang yang optimis adalah "Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda".

5.Berpikiran Positif (Positif Thinking).
            Pikiran orang optimis senantiasa positif, Ia akan berfikir positif dalam segala hal. Dengan pikiran positif itu akan terbentuk energi positif dalam diri orang yang optimis. Energi positif inilah yang akan membakar semangat juang untuk mewujudkan harapannya.

6.Mampu memecahkan masalah (ploblem solving).
            Orang yang optimis tidak tenggelam dalam masalah, tapi akan mencari berbagai solusi dari masalah yang dihadapinya. Ia juga tidak suka menyalahkan orang lain atau mencari kambing hitam dan akan mengoreksi diri dan memperbaiki diri jika melakukan kesalahan.

7. Antusias, Energik, dan Gembira.
            Orang yang optimis biasanya antusias (bersemangat), energik (aktif), dan gembira (tidak pemurung). Dengan antusiasmenya itulah ia akan berhasil.


C. Pentingnya Optimis

1. Menentukan sukses dan prestasi.
             Orang yang optimis biasanya akan sukses. Karena ia yakin dengan harapannya dan benar-benar memperjuangkan harapannya agar terwujud dengan pantang menyerah. Optimis akan mempengaruhi faktor kesuksesan (luck factor) seseorang.

Rumus optimis adalah sebagai berikut
>> Optimis = Pikiran Positif + Tindakan Positif  => Sukses
>> Optimis = Positive Thinking + Positive Action => Success

2. Menentukan bangkitnya seseorang.
             Orang yang optimis akan segera bangkit jika mengalami sebuah kegagalan. Ia akan bangkit dan berusaha pantang menyerah untuk mencapai harapannya. Kegagalan baginya bukan suatu kiamat. Dia masih bisa berhasil walaupun harus gagal dulu. Setiap kali gagal, ia akan terus mencoba, hingga akhirnya berhasil.

Sikap Optimis Vs Sikap Pesimis????

Sikap optimis dan pesimis itu dapat dimiliki setiap orang tapi bergantung dari orang itu ingin memilih yang mana..

Tahukah kamu???

Biasanya orang pesimis itu selalu mengatakan:

- Ah, saya tidak  mampu, nilai saya pasti dapat jelek …

- Tidak berani aku mencoba tantangan itu ….

Dan orang-orang optimis akan selalu mengatakan :

- Saya siap menerima tantangan apa pun yang diberikan!

- Saya harus dapat nilai baik!

Apa penyebab orang-orang berperilaku pesimis?

Faktor lingkungan, kurang percaya diri dan trauma kegagalan di masa lalu merupakan penyebab yang sering timbul yang menyebabkan orang menjadi pesimis. Jika kita hidup di lingkungan yang serba pesimis maka akan menggerus sikap kita yang optimis. Terkadang kita mematikan “hero” di dalam diri kita sebelum kita maju bertanding.

Orang yang kurang percaya diri akan selalu bersifat pesimis menanggapi suatu peluang. “Ah …mana mungkin nilai harian saya selalu jelek tidak mungkin hasil UN saya baik…” Inilah contoh sikap pesimis. Kegagalan di masa lalu menyebabkan orang menjadi pesimis. Jika siswa gagal mendapat nilai bagus dalam ulangan harian, maka dia akan pesimis untuk mendapatkan hasil UN dengan nilai terbaik.

‘Berbeda dengan orang yang optimis, mereka akan selalu percaya tentang masa depannya. Orang yang positif akan melihat kehidupan kita pada intinya terdiri dari 10% fakta dan 90% bagaimana kita menyikapi fakta-fakta tersebut. Orang yang optimis melihat kegagalan sebagai sesuatu yang wajar – sebagai fakta (10%). Jika persiapan lebih bagus, maka orang yang optimis akan selalu percaya bahwa kesuksesan akan datang setelah kita berjuang tidak kenal lelah.

Sedangkan  orang yang pesimis akan melihat kegagalan sebagai hal yang mutlak sudah nasib – sebagai fakta (10%). Kegagalan dianggap karena terjadi ketidak adilan (menyalahkan keadaan) dan jika kita mencoba satu kesempatan lagi pasti juga gagal (pasrah) – sebagai sikap (90%).

Biasanya orang-orang pesimis akan menutup mata jika melihat ada setitik cahaya di dalam kegelapan, sementara orang-orang optimis akan membuat cahaya tersebut menerangi kegelapannya. Coba amati ikan di lautan. Mereka hidup di lingkungan perairan asin. Namun jika kita memakan dagingnya maka rasa dagingnya akan tetap tawar. Apa yang bisa kita pelajari dari hal ini? Meskipun lingkungan kita selalu pesimis, bukan berarti kita harus menjadi orang pesimis juga. Justru kesempatan buat kita untuk memberi contoh yang baik menjadi manusia yang optimis.

Selamat belajar untuk Ulangan Harian 1 PBP dan Optimis untuk hasil yang terbaik!

Tidak ada komentar: