21. Demonstration
Langkah-langkah
:
1. Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru
menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
3. Menyiapkan
bahan atau alat yang diperlukan
4. Menunjuk
salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
5. Seluruh
siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
6. Tiap
siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan.
7. Guru
membuat kesimpulan.
22. Explicit Intruction
Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk
mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan
deklaratif yang dapat diajarkan dengan
pola selangkah demi selangkah
Langkah-langkah :
1. Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan
pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing
pelatihan
4. Mengecek
pemahaman dan memberikan umpan balik
5. Memberikan
kesempatan untuk latihan lanjutan
23. Cooperative Integrated Reading and
Composition
Langkah-langkah :
1. Membentuk
kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2. Guru
memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3. Siswa
bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan
terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
5. Guru
membuat kesimpulan bersama
6. Penutup
24. Inside
Outside Circle
Siswa
saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda
dengan singkat dan teratur
Langkah-langkah :
1. Separuh
kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
3. Dua
siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi.
Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang
bersamaan
4. Kemudian
siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di
lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
5. Sekarang
giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian
seterusnya
25. Tebak
Kata
Media :
Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak. Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga).
Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak. Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga).
Langkah-langkah
:
1. Guru
menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
2. Guru
menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas
3. Seorang
siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada
pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang
isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau
diselipkan ditelinga.
4. Sementara
siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya
sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm. jawaban
tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5. Apabila
jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk.
Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan
kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6. Dan
seterusnya
CONTOH
KARTU
Perusahaan
ini tanggung-jawabnya tidak terbatas
Dimiliki
oleh 1 orang
Struktur
organisasinya tidak resmi
Bila
untung dimiliki,diambil sendiri
NAH … SIAPA … AKU ?
JAWABNYA
: PERUSAHAAN PERSEORANGAN
26. Word Square
Media
* Buat kotak sesuai keperluan
* Buat kotak sesuai keperluan
* Buat soal sesuai indikator
Langkah-langkah
:
1. Guru
menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
2. Guru
membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
3. Siswa
menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan
poin setiap jawaban dalam kotak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar