Mungkin terkadang anda
dihadapkan pada banyak sekali agenda, banyak sekali aktivitas atau banyak
sekali mimpi-mimpi yang ingin anda capai sehingga membuat seolah-olah waktu
berjalan begitu cepat, maka saat itu menjadi penting untuk anda mempelajari
mengenai manajemen waktu dan menyusun skala prioritas. Dalam buku manajemen waktu
karya Marion E. Haynes dituliskan lima tips manajemen
waktu yang efektif. Buku yang diterbitkan oleh PT Indeks ini menarik
untuk anda baca karena
penulis memaparkan secara gamblang bagaimana mampu memanaje waktu dengan baik.
Kelima Tips Manajemen waktu itu adalah:
- Buatlah daftar dan tentukan prioritas sasaran mingguan
- Buatlah daftar “to do” harian, dan tentukan prioritas
- Curahlan perhatian utama pada prioritas A
- Tangani setiap tugas sekali
- Terus menerus bertanya, “Bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya sekarang? dan KERJAKAN!
Intinya adalah “kerjakan apa yang kamu tuliskan,
dan tuliskan apa yang kamu kerjakan”. Semua itu dikerjakan menggunakan cara.
Cara terbaik untuk memulai adalah memulainya (Marie Edmund Jones).
Pertama, Dengan membuat daftar dan menentukan
prioritas sasaran dalam minggu pertama sampai minggu keempat dalam setiap
bulannya, maka akan anda dapati progres report yang dicapai
selama kurun waktu seminggu itu. Contohnya, ketika anda sedang mengerjakan
tesis, maka tuliskan pencapaian yang anda dapatkan dari minggu ke minggu. Dari
situlah sebenarnya terekam apa yang sudah anda kerjakan.
Kedua, dengan meggunakan daftar pekerjaan yang harus
anda tuntaskan hari ini membuat anda menentukan skala prioritas. Anda harus
atur mana yang lebih mudah dulu dikerjakan, dan disesuaikan dengan kondisi anda
sendiri. Gunakan catatan kecil untuk mencatat apa yang sudah anda lakukan hari
ini, minimal di dalam otak bawah sadar anda agar anda merasakan ketuntasan dari
apa yang telah anda kerjakan. Intinya adalah kerja cerdas, kerja keras, kerja
ikhlas, dan kerja tuntas.
Ketiga, curahkan prioritas utama anda pada prioritas A
atau yang paling penting. Bila target anda lulus kuliah tahun ini, maka
curahkan prioritas utama anda menuju target anda itu, dan kesampingkan
prioritas lainnya. Dengan begitu anda menjadi fokus pada tujuan anda. Bla anda
tidak fokus, maka tak ada satupun pekerrjaan yang sampai tujuan atau mencapai
hasil yang diharapkan.
Keempat, tangani tugas sekali, dan usahakan
mengerjakan pekerjaan lainnya bila anda telah selesai. Jangan mengulang kembali
pekerjaan anda yang sudah ditugaskan. usahakan cukup sekali saja anda
menuntaskannya. Contohnya, bila proposal tesis anda sudah selesai sampai dengan
bab III, maka langsunglah menuju ke bab IV bukan kembali ke bab I lagi. Dengan
begitu anda akan segera memulai penelitian, dan mampu menemukan kesimpulan dan
saran di bab V. Tesis anda pun akhirnya selesai.
Kelima, terus menerus bertanya kepada diri sendiri
untuk memperbaiki diri. Lakukan perenungan dari apa yang telah anda kerjakan,
dengan begitu anda selalu mawas diri, dan mampu melakukan refleksi diri agar
menjadi manusia yang lebih baik dari hari kemarin.
Cara terbaik menggunakan waktu adalah segera lakukan
tindakan, dan buang kemalasan. Kemauan dan pikiran harus disatukan untuk
melakukan tindakan nyata dan bukan kata-kata. Ketika anda pandai bicara, maka
tindakan anda memberikan contoh atau keteladanan sangat diperlukan. Jangan sombong,
karena kesombongan akan menjatuhkan diri anda sendiri.
Selamat menjalankan kelima tips manajamen waktu yang
efektif dalam hidup anda. Semoga anda sukses dalam mewujudkan keinginan atau
cita-cita anda yang sekarang ini mungkin masih dalam alam pikiran. Segera
tuliskan, dan lakukan tindakan nyata dari apa yang anda tuliskan itu.
Kesuksesan telah menanti anda!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar